Jazz adalah sebuah jenis musik yang berasal dari orang Amerika berkulit hitam dengan karakter yang menonjolkan improvisasi, sinkopasi, ritem, dan diiringi dengan menggunakan instrumen khusus.

Whitney Ballett menjelaskan bahwa jazz adalah sebuah musik yang sangat personal (seperti puisi dan seni), yang mirip seperti blues, vokal yang unik, suara instrumental, dan ditambah dengan improvisasi jenius yang nggak biasa. Whitney Ballett memang terlalu hiperbola, tetapi jika dapat diambil kesimpulan, jazz merupakan sebuah kesempurnaan dari sebuah musik.

Ketika jazz mulai dikenal di Amerika Serikat sekitar awal 1900-an, aliran musik jazz sendiri mulai berkembang sangat pesat. Pada tahun 1890, muncul genre Ragtime, sebuah aliran musik jazz yang sedikit nge-beat. Kemudian di awal 1900, muncul Dixieland yang merupakan perwujudan full band pertama dalam musik jazz. Dixieland ini lebih menonjolkan alat musik kuningan, banjo, dan juga klarinet. Dari Dixieland juga, jazz dikenal sebagai aliran yang membutuhkan banyak orang yang memainkannya

Secara garis besar, jazz adalah musik yang di dalamnya terdapat sebuah ritme yang memiliki harmoni, improvisasi, dan dimainkan menggunakan alat musik tertentu. Bagaimana, sampai di sini sudah mengerti dan bisa membedakan apa itu musik jazz? Setelah lo berhasil mengerti apa itu musik jazz dan ciri-cirinya, sekarang akan dibahas apa saja sih genre dari musik jazz itu.