Merupakan aliran musik yang berasal dari Amerika Serikat. Pada tahun 1910 istiah blues mulai populer dan resmi dipakai dikalangan masyarakat pada saat itu. Musik Blues awalnya dilantunkan oleh mantan budak-budak dari Afrika di Amerika Serikat (AS) yang cenderung bernuansa musik-musik spiritual dan puji-pujian.. Musik ini dikonotasikan dengan perasaan frustatif dan melankolis.

Awalnya para musisi blues menggunakan alat-alat musik akustik seperti Banjo, Gitar dll.  Setelah perang dunia II mengalami transisi dari akustik blues ke electric blues dan pembukaan progresif musik blues ke khalayak yang lebih luas. Pada tahun 1960-an dan 1970-an, terbentuk suatu hibrida yang disebut revolusi Blues Rock.

Musik Blues di Amerika mengalami perkembagan yang sangat signifikan bahkan di setiap daerah Amerika melahirkan warna musik blues yang berbeda seperti Chicago Blues (muddy waters, Koko Taylor), Delta Blues (Robert Lockwood jr) Eas Cost Blues (John Jacson) dan Texas Blues (mike Morgan & The Crawl)

Di Indonesia sendiri musik Blues tidak asing lagi karena banyak sekali musisi-musisi yang menjadikan blues sebagai aliran dalam bermusiknya. Berbagai upaya untuk mempopulerkan aliran musik blues di Indonesia telah banyak dilakukan diantaranya komuitas INA blues, Bandung Blues, Jogja Blues, Bali Blues kerapkali mengadakan fietival-festival musik blues di tanah air.

Sumber:

http://www.majalahpraise.com/asal-usul-blues-590.html