Musik pop (istilah yang awalnya berasal dari singkatan dari “populer”) adalah sebuah genre musik darimusik populer yang berasal dalam bentuk modern pada 1950-an, yang berasal dari rock and roll.
Istilah musik populer dan musik pop sering digunakan secara bergantian, meskipun yang pertama adalah deskripsi musik yang populer (dan dapat termasuk gaya apapun), sedangkan yang terakhir adalah genre tertentu yang mengandung kualitas daya tarik massa.

Sebagai genre, musik pop sangat eklektik, sering meminjam elemen dari gaya-gaya lain termasuk urban, dance, rock, latin dan country; Musik pop umumnya dianggap sebagai sebuah genre yang komersial dicatat dan keinginan untuk memiliki daya tarik audiens massa.

Definisi Musik pop

David Hatch dan Stephen Millward mendefinisikan musik pop sebagai “a body of music which is distinguishable from popular, jazz and folk musics” (sejenis musik yang dapat dibedakan dari musik populer, jazz, dan folk). Meskipun musik pop sering dilihat sebagai berorientasi pada tangga lagu (tangga singel), namun tidak semua musik dalam tangga lagu adalah musik pop, melainkan juga dari berbagai macam aliran seperti klasik, jazz, rock, dan novelty song. Musik pop sebagai genre biasanya dianggap sebagai genre yang ada dan berkembang secara terpisah. Dengan demikian “musik pop” dapat digunakan untuk menggambarkan sebuah genre terpisah, yang ditujukan untuk target muda usia, dan sering dianggap sebagai alternatif yang lebih lembut dari rock and roll.

Sejarah Musik Pop

Sumber:

http://ilhamibra.blogspot.com/2014/03/pengertian-musik-pop-musik-pop-istilah.html